Jumat, 21 Agustus 2009

Ganti Pakai Sok Vario

2376sok-spin-axl-1.jpgBikin performa sok belakang Suzuki Spin 125 lebih oke, pilihannya ganti produk variasi. Cuma kan selain harganya masih tinggi, part khusus buat Spin 125 lumayan sulit dicari. Maka jalan tengahnya perlu disiasati.

Orang yang pernah mensiasati itu adalah Bambang Priyanto, penunggang Spin 125 2007. Ketika ingin ganti sok asli lantaran kinerjanya mulai lemah, Bambang punya ide ganti sok punya skubek lain yang masih standar dan berhasil.

“Saya ganti sok belakang Spin 125 pakai punya Honda Vario. Kebetulan tinggi tabung dan pipa sama, sehingga tidak kelihatan ambles. Namun bukan berarti tinggal pasang. Tetap ada bagian yang mesti disesuaikan,” wanti warga Jl. Bangka VIII, Gg, Manggis, Pela Mampang, Jakarta Selatan.

Bagian yang mesti disesuaikan antara lain pegangan sok (adaptor) atas-bawah. Istilah anak bengkel, biasa disebut anting-anting.2377sok-spin-axl-2.jpg

Lantas jika berminat diganti punya Vario, coba tebus dulu komponen seharga Rp 198 ribu ini di toko onderdil terdekat. Selanjutnya ganti anting-anting agar mudah diterapkan.

Rumah anting-anting bagian atas atau adaptor gak perlu dicopot. “Cuma yang harus diganti karet dan bushing besi dudukan baut sok atas punya Vario jadi punya Spin 125 (gbr. 1). Sebab batang baut jauh lebih besar dari punya Vario,” wanti Bambang.

Khusus yang bawah menukar anting-anting bawah sok Vario dengan punya Spin 125. Pasalnya pengikat anting-anting bawah sok ini pakai baut ukuran 14 untuk bisa diikat ke rumah CVT (gbr. 2).

“Yang berat harus menekan pegas pakai trecker sok. Maksudnya biar anting-anting bawah bisa lepas dari ulir as pipa sok Vario, lalu diganti sama punya Spin 125,” tutup Bambang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar